Bulan Desember Talitakum mengadakan lomba pembuatan video bertema tentang perdagangan manusia. Lomba ini diselenggarakan oleh pihak Talitakum yang bekerja sama dengan SMA dan SMK Strada. Setiap sekolah diminta untuk mengirimkan kelompok. Di SMK Strada II mengirimkan 2 perwakilan kelompok. Agar pembuatan vidio berjalan dengan sukses, kami didukung oleh Bapak/ibu guru serta orang tua murid SMK Strada II.

Pembuatan video sedikit terkendala karena kami membuat video ini ditengah situasi pandemi, oleh karena itu kami tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Pembuatan video ini dimulai pada bulan Februari, karena pembuatan video diberi waktu selama satu bulan. Dalam pembuatan video ini kami dibimbing oleh kakak pembimbing dari IOM. Dalam pembuatan video sangat diperlukan kerjasama tim yang baik serta kesabaran yang luar biasa.

Dalam pembuatan video, para pemain diarahkan agar sesuai dengan apa yang kami harapkan. Jika acting para pemain belum memuaskan, kami akan mengulang hingga mendapatkan kepuasan dan hasil yang maksimal. Ketika pembuatan video telah selesai, kami pun mulai mengedit agar hasil video  yang kami buat menjadi lebih indah dan dinyatakan layak untuk ditonton. Video yang kami buat berdurasi 3 menit 44 detik. Setelah video selesai kami buat, kami kirimkan kepada panitia. Video kami ditayangkan pada tanggal 8 Maret 2021 yang lalu.  Namun, ketika video ditayangkan tidak ada juaranya.

Dalam perlombaan ini kami mendapatkan banyak pengalaman baru serta dapat mengembangkan bakat, seperti yang awalnya tidak bisa menggunakan camera menjadi bisa menggunakannya,  yang  tidak bisa mengedit menjadi bisa. Jika kami diberikan kesempatan kembali  untuk mengikuti lomba lagi, kami akan mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan menghasilkan karya yang lebih maksimal.

Maria Ricardona

Sebarkan artikel ini