Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) adalah sebuah istilah yang diberikan untuk penyelenggaraan kegiatan di tiga hari pertama masuk sekolah. Istilah ini dahulu dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS). Sesungguhnya kedua istilah ini sama-sama dimaksudkan untuk menyiapkan sikap dan mental siswa memasuki sekolah baru, mengenal situasi baru di sekolah baru, menyiapkan diri untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tata cara yang mungkin berbeda dengan di tempat belajar sebelumnya, mengenal aturan dan tata tertib, yang semuanya bertujuan agar siswa berhasil belajar di sekolah yang baru sesuai tujuan pendidikan nasional.

Ada yang berbeda dengan PLS tahun ini, biasanya PLS dilaksanakan dengan tatap muka, namun tahun ini dalam pelaksanaannya dilakukan secara daring akibat Covid-19. SMK Strada II juga melakukan hal yang sama dalam melaksanakan PLS dengan sistem daring.Kegiatan PLS di SMK Strada II dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13 Juli 2020-14 Juli 2020 pukul 07.00 – 13.00. Kegiatan PLS diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas X dan seluruh Guru SMK Strada II, walaupun dilaksanakan secara daring tidak mengurangi antusiasme siswa kelas X dalam mengikuti PLS. Siswa siswi kelas X mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.

Adapun kegiatan PLS yang dilaksanakan pengenalan lingkungan sekolah meliputi kegiatan pendataan tentang keadaan diri dan sosial siswa melalui google form pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru yang diisi oleh siswa yang memuat: a. profil siswa yang terdiri dari identitas siswa, riwayat kesehatan, potensi/bakat siswa, serta sifat/perilaku siswa; b. profil orangtua/wali, Pengenalan warga sekolah, Visi dan Misi Sekolah, Pengenalan Fasilitas dan Sarana sekolah, Seragam sekolah, kurikulum sekolah danĀ  Ektrakurikuler, Tata tertib sekolah, dll.

Adapun tujuan dalam pelaksanaan PLS untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, dan menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

 

Sebarkan artikel ini