Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya menjelang 17 Agustus, di kampung, di sekolah, hingga perkantoran melaksanakan berbagai macam perlombaan untuk menyemarakkan Hari Ulang tahun RI, namun karena pandemi virus corona, kemeriahan hari kemerdekaan Republik Indonesia nyaris tidak ada. Tapi bukan berarti perlombaan 17an tahun ini benar – benar tidak ada. SMK Strada II tahun ini tetap mengadakan perlombaan untuk ikut memeriahkan HUT RI yang ke-75, namun perlombaan yang diadakan sedikit berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yaitu menggunakan sistem online. Karena sampai saat ini sekolah belum mengadakan tatap muka sehingga perlombaan dilakukan dengan cara online, karena kita harus tetap menjaga jarak agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Walaupun lomba 17-an dilaksanakan secara online acara tetap berjalan dengan seru dan kekinian. Selain itu, lomba 17-an tetap memiliki unsur nasionalisme, mengedukasi, dan memiliki rasa cinta tanah air. Lantas apa saja unsur – unsur nasionalisme, edukasi, dan rasa cinta tanah air pada lomba kemerdekaan tahun ini?

  1. Unsur nasionalisme pada 17 Agustus tahun ini adalah kita harus tetap berjuang membebaskan diri dari penjajah, bukan penjajah dari negara lain melainkan dari wabah penyakit, dan keegoisan diri sendiri.
  2. Mengedukasi, karena kita tidak boleh melupakan jasa-jasa yang telah perjuangkan oleh para pahlawan kita dahulu.
  3. Rasa cinta tanah air, contohnya dapat lebih mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari- Seperti tidak memilih-milih teman, menghormati teman yang berbeda agama, dan lain lain.

Dengan cara seperti itu kita dapat mencapai arti atau nilai penting dalam perayaan 17 Agustus.  SMK Strada II merayakan lomba 17 Agustus dengan cara yang menarik dan tidak menghilangkan makna dan unsur kemerdekaan. Adapun lomba yang diadakan

  1. Cerdas cermat

Cerdas cermat ini dilakukan melalui aplikasi Quiziz dimana semua siswa diharapkan ikut serta dalam cerdas cermat ini, soal-soal yang diberikan merupakan soal  tentang wawasan siswa mengenai sejarah Indonesia.

  1. Video bertema kemerdekaan.

Siswa membuat video dengan durasi maksimal 59 detik berkaitan dengan tema kemerdekaan RI ke 75

Ketika mengikuti lomba banyak siswa yang ikut ambil andil dalam perlombaan. Dengan hal ini diharapkan siswa tetap mengamalkan nilai- nilai nasionalisme dan nilai- nilai pancasila agar sebagai warga Indonesia menjadi lebih cinta tanah air dan lebih baik lagi. Terima kasih

Sebarkan artikel ini